Rabu, 20 Agustus 2008

perjalanan panjang.............sebelum tiba di USA


tak terbayangkan sebelumnya aku berada di USA, negeri dengan julukan paman sam atau negerinya "George Bush" ini. Yap, perjalanan dimulai. Tapi sebenarnya perjalanan sudah dimulai sejak awal aku menambil formulir pendaftaran AFS. aku masih ingat betul saat itu tanggal 16 april 2007 aku mengambil formulir di rumah mas Adit di kediri ( mas Adit adalah siswa SMA 2 Kediri dan dia bulan juli lalu baru saja kembali dari Amerika). saat-saat tes. begitu banyak tes yang harus dilalui begitu juga briefing, sehingga harus sering bolak-balik Nganjuk-Surabaya. melelahkan memang. tapi untuk mendapatkan sesuatu yang kita inginkan memang diperlukan usaha dan itu tidak mudah bukan? masih terbayang dibenakku tanggal 20 juli 2008 adalah farewell and welcome party di chapter surabaya kemudian keesokan harinya perpisahan dengan sekolah, guru, karyawan dan teman-teman. karena tanggal 24 juli sudah harus berada di jakarta untuk persiapan orientasi yang dilaksanakan tanggal 25-30 juli 2008 dan 2 hari tambahan yaitu 31 juli-1 agustus,khusus siswa penerima beasiswa YES (YES adalah beasiswa penuh dari pemerintah USA untuk belajar di USA selama 1 tahun). orientasi nasional ini diikuti oleh 121 siswa dari seluruh Indonesia (22 AFS dan 89 YES). orientasi ini dilaksanakan di Wisma Handayani, Cipete, Jakarta SElatan. di orientasi ini kita banyak dibekali wawasan dan juga persiapan mental tentunya. Tutor-tutornya pun bukan sembarangan. sebut saja diantaranya Imam S. Prasodjo dan Arif Rahman. dan agenda yang paling melelahkan selain harus mengikuti berbagai macam sesi dan dinamika kelompok adalah latihan untuk talent show. karena saking padatnya jadwal, latihan ini dimulai pukul 10 malam. paling cepat selesai pukul 3 pagi keesokan harinya. bahkan menjelang pementasan untuk farewell party nasional (tanggal 30 juli) latihan baru selesai pukul 5.30 pagi. karena itulah tiap sesi selalu saja ada yang tertidur karena memang kita kurang tidur. bagaimana dengan aku? wah jangan ditanya, pasti ketiduran juga tiap sesi kecuali waktu dinamika kelompok dan sesi yang dibawakan oleh Bapak Arif Rahman. kalau tidak salah beliau menjadi tutor di sesi Leadership : menjadi duta bangsa yang tangguh. Meskipun beliau sudah sepuh (usianya sekitar 70-an) beliau sanagt enerjik, kocak, dan ekspresif. aku berani jamin kalau saat sesi itu tidak ada seorang pun yang tertidur karena memang beliau mengemas materi tersebut sanagt menarik. kembali lagi ke talent show. aku sangat semangat sekali dengan talent show ini. mengapa? karena talent show ini akan disaksikan oleh perwakilan dari kedutaan besar amerika, pihak AFS, sponsor, orang tua dan BApak Taufik Ismail (penyair yang terkenal itu lho). aku ingin sekali bertemu beliau. dan berencana buat foto bareng buat pamer ke teman-teman juga. karena selama ini cuma tahu namanya saja, tidak tahu sosok beliau itu seperti apa. namun sayangnya, sampai acara selesai, aku tidak menemukan beliau. kecewa sih, tapi agak terobati karena aku beruntung bisa mendapatkan buku dari Taufik Ismail lengkap dengan tanda tangannya. waktu melihat cover buku, aku terkejut. karena saat penyambutan tamu aku bertemu dan bersalaman dengan sosok yang ada di cover tersebut. bahkan orang tersebut melemparkan senyum kepada ku. ya Allah, aku benar-benar tidak tahu kalu orang itu adalah Taufik Ismail, orang yang sangat ingin kutemui itu. Siapa yang mengira? karena sosoknya bersahaja sekali.
tanggal 2-7 agustus adalah minggu tenang. mengapa aku menyebutnya minggu tenang? karena dalam masa itu kita boleh kembali ke rumah masing-masing sebelum keberangkatan tanggal 9 agustus. tapi ada sedikit rasa khawatir, karena sampai saat itu aku belum juga mendapatkan host family. setidaknya aku bisa bernapas lega karena koordinator ku dari Seattle, Washington sudah say hello lewat email dan berkata bahwa mereka sedang mencarikan host family untukku di seattle, Washington (ket: bukan washington dc, tapi Washington State yang berada di bagian utara Amerika). dalam masa minggu tenang itu aku memutuskan tidak pulang ke rumah. karena waktunya sebentar belum lagi jarak Jakarta-Nganjuk, bisa-bisa capek di jalan. selama waktu itu aku menginap di rumah pakde Anton yang ada di Jakarta Selatan.
sehari sebelum berangkat tepatnya tanggal 8 agustus 2008 ada undangan dari kedutaan besar Amerika. dan tepat sehari sebelum berangkat itulah aku baru tahu tentang keberadaan host family aku. ternyata placement aku pindah ke Missouri. wah kaget bercampur senang bercampur bingung. campur2 pokoknya. karena aku sama sekali tidak tahu missouri itu seperti apa. jadi ketika sampai rumah pakde, aku cepat-cepat buka internet, browsing tentang missouri. dan sialnya meski sudah dapat tentang missouri aku semakin garuk-garuk kepala tanda nggak ngerti. karena yang kutemukan hanya artikel dalam bahasa inggris (jujur bahasa inggris ku tidak terlalu bagus karena waktu slep test (secondary level english proficiency, hampir sama dengan TOEFL) aku harus mengulang sampai 3 kali karena nilaiku belum memenuhi standar. jadi yang ku lakukan adalah melihat sekilas lalu menge-print artikel tersebut yang masyaAllah panjang banget. sekitar 30 halaman. dan artikel tersebut ku bawa sampai sekarang dan belum sempat ku baca. biarlah menjadi kejutan bagiku missouri itu seperti apa (padahal saking malasnya baca). dan aku memang terkejut karena banyak kejutan tak terduga yang kutemukan disini




to be continue.........

3 komentar:

dyaksa mengatakan...

Sip-sip!!
sekrang udh pake blog.
dari pada pake fs emang enak pake blog ya...
Mat berjuang

Anonim mengatakan...

Oks selamat ya,, akhirnnyaaaaaaa
blogger ini ada tulisannya jugaa,siip kok kamu uda nulis dengan gaya kamu sendiri & juga udah sesuai urutan kok. kalo koran bilang layak cetak kok.

Kalo bisa deskripsikan juga apa yang perlu dipersiapkan oleh orang-orang yang ingin ke amerika, terutama orang indonesia menyangkut cara beradaptasi dan hambatan2 yang biasa ditemui

Oh ya ni yang paling menarik, bagaimana tanggapn orang2 Amerika terhadap kaum muslim or muslimah (terutama yang pake jilbab) bagus banget tuh kayaknya kan kamu sekalian sebagai korban he.he.heeee

Anonim mengatakan...

Wahhh...ines.....
Blognya keren...layaknya seorang jurnalist n professional writer...

Pembaca seakan-akan terbawa dalam suasana yang diceritakan...
Bahasanya mudah dimengerti, sejalan dengan suasana hati yang dirasakan dan dapat dinikmati sepanjang alur cerita/tulisan

Keterangan dalam setiap kata yang dianggap asing juga dijelaskan disini jadi pembaca tidak hanya hanyut dalam ceritanya,,tapi ada pengetahuan baru yang bisa didapat..

Btw congrazt...4 ur achivement 2 get scholarsip study in US hope u always get the best experience that make u a good n wonderfull person...

Ok..GoodLuck 4 u...Keep on sharing ur hobiies...I'll wait ur next writing!!!